JASA KAOS SABLON DIGITAL MAUPUN MANUAL

JASA KAOS SABLON DIGITAL MAUPUN MANUAL

jasa kaos sablon

jasa kaos sablon

PENGERTIAN KAOS SABLON

Jasa sablon kaos. Sablon adalah teknik mencetak dalam berbagai media seperti kaos, plastic, kayu, kaca dan lain sebagainya. Kaos sablon adalah kaos yang telah melalui proses penyablonan. Sablon dapat dilakukan baik secara manual atau digital. Sablon manual adalah tenik sablon yang menggunakan peralatan seperti screen, rakel dan peralatan lain yang masih menggunakan kreatifitas tangan manusia. Adapun sablon digital adalah proses penyablonan menggunakan mesin transfer panas untuk mencetak gambar dan tulisan pada kaos. Proses pengerjaan digital sablon tidak memerlukan waktu yang sangat lama. Sehingga sangat efisien dalam mengikuti pergerakan bisnis diera sekarang. Bagi para jasa kaos sablon yang memiliki orderan yang banyak pasti menggunakan digital sablon untuk produksinya.

Mungkin sablon tidak hanya diterapkan pada kaos saja. Tapi jika kita mendengar kata sablon yang terbayang pertama kali adalah kaos. Untuk kalangan muda saaat ini sangat popular sekali dengan kaos desain sendiri. Karena kaos dengan desain sendiri tentu berbeda dengan kaos yang ada dimasyarakat. Tentunya ini akan menambah kepercayaan diri saat mengenakannya. Selain untuk berpenampilan trendy, kaos sablon ini juga berguna untuk kaos promosi atau salah satu produk diusaha kita. Untuk mewujudkan keinginan itu tentu kita membutuhkan jasa kaos sablon yang terbaik. Jasa kaos sablon yang baik tentu menggunakan bahan yang baik pula serta penggunaan yang pas.

Berikut adalah beberapa jenis tinta sablon yang sering ada dipasaran:

  1. Tinta waterbase (basis air)
  2. Tinta rubber digunakan pada bahan tekstil, terutama kaos. Tinta ini berkarakteristik seperti karet yang dapat melar bila ditarik. Tinta rubber yang bagus dapat dilihat dari daya tutupnya pada kaos. Serta apakah hasil sablonnya lembut atau kasar? Apakah melar atau tidak jika ditarik?
  3. Rubber transparant memiliki sifat transparant sehingga sering digunakan untuk proses sablon separasi / tumpuk 4 warna. Dengan sifatnya yang transparant lapisan warna atas dapat dipengaruhi oleh lapisan warna bawah.
  4. Tinta soft white pada awalnya tinta ini digunakan untuk menghasilkan efek grunge yang samar-samar. Sifatnya halus dan dapat di sablonkan pada bahan yang gelap. Namun akhir-akhir ini digunakan untuk sablon yang menggunakan teknik raster (gambar gradasi), yang sulit didapatkan ketika menggunakan tinta rubber. Karakteristik tinta ini memiliki warna putih yang lembut sehingga menghasilkan arna puti yang tipis.
  5. Tinta foaming adalah tinta timbul atau busa. Karakteristiknya dapat mengembang ketika terkena press panas. Digunakan untuk efek timbul pada sablonan kaos.
  6. Tinta metallic untuk menghasilkan warna emas atau silver. Tinta ini terdiri dari 2 komponen, yaitu binder metallic dan serbuk metallic. Untuk mendapatkan hasil yang cemerlang lebih baik dicampurkan saat akan menyablon saja. Karena tinta ini mudah mengalami oksidasi atau proses perubahan warna dari terang kewarna yang lebih gelap.
  7. Tinta special effect
  8. Tinta discharge (cabut warna), tinta ini mampu mencabut atau menghilangkan warna pada kain katun. Pada teknik sablon tinta ini dapat menimbulkan efek yang sangat menawan, karena hanya bidang sablon saja yang mengalami pencabutan warna. Sehingga hasilnya menyatu dengan kain kaos.
  9. Tinta glitters merupakan campuran dari lem glitters dan serbuk glitters. Tinta ini memberikan efek gemerlap sasuai jenis yang digunakan.
  10. Elastic binder merupakan tinta yang sangat lentur. Dapat digunakn pada kain berpori-pori kasar atau lentur, seperti pada sweater, kain rajut dll.
  11. Tinta plastisol merupakan tinta berbasis minyak. Beberapa keunggulan dari tinta plastisol: tidak mudah kering discreen, daya tutup yang baik, dll. Namun kelemahan dari tinta ini adalah memerlukan mesin yang cukup mahal untuk pengeringanya seperti conveyor curing.
  12. Foil transfer juga merupakan campuran dari lemfouil dan kertas foil sebagai penghasil efek.
  13. Crack binder, tinta ini menghasilkan efek retakan natural. Biasanya digunakan pada penyablonan tema vintage atau grunge.
  14. Tinta solvent base/ basis minyak
  15. Tinta pvc, digunakan pada media kertas, mika, pvc, kayu dll. sebagai pengecer (solvent) dan pembersih menggunakan minyak pencampur M 3. Tinta ini mudah kering di screen sehingga mudah untuk digunakan.
  16. Tinta polymate, digunakan pada media plastic PP, PE, HDPE (kresek).sebagai pengecernya menggunakan minyak pencampur M 4.
  17. Tinta polytuff, digunakan pada media karung plastic. Menggunakan minyak pencampur therfin.
  18. Tinta nylon, digunakan pada media nylon/ kain polyester. Menggunakan minyak pencampur M 3. Terkadang tinta ini memerlukan campuran catalyst/ penguat untuk bahan nylon tertentu.
  19. Tinta heavy duty/ industrial, tinta jenis ini memiliki banyak kategori sesuai dengan media yang akan disablon. Misalnya tinta untuk metal, kaca, keramik, dll.

Nah tadi hanya beberapa jenis tinta yang ada. Tentunya jasa kaos sablon yang anda pilih lebih paham menentukan tinta mana yang akan digunakan untuk kaos sablon anda. Sebagai referensi anda dapat menghubungi kami AMANAH GARMENT sebagai partner anda. Untuk mewujudkan keinginan anda atau kebutuhan anda dalam mencari jasa kaos sablon anda. Tentu dengan tinta sablon yang terbaik dan penggunaan yang tepat. Silakan menghubungi marketing kami, kami akan melayani anda dengan sebaik mungkin.